Scam Di Facebook Yang Harus Diwaspadai

Dengan popularitas Facebook yang merambah di seluruh dunia ke berbagai kalangan, tinggal menunggu waktu saja sampai para penipu menggunakannya untuk mencari keuntungan. Facebook sekarang dipenuhi berbagai macam scam dan virus, dengan semakin banyaknya laporan orang yang tertipu. Jika anda adalah pengguna setia Facebook, berikut ini adalah 9 jenis scam yang paling umum ditemukan di Facebook yang harus diwaspadai.

1. Clickjacking
Pernah melihat apliaksi yang meminta anda untuk menulis kode html di bagian alamat url browser anda? Ini disebut clickjacking. Kode ini membuat Anda memberi akses pada aplikasi asing untuk masuk ke profil Facebook anda, salah satu klaim mereka yang menyesatkan antara lain “Cari Tahu Siapa Yang Mengintai Anda!”



2. Friend Request Palsu
Pernah mendapat friend request dari orang asing yang tidak anda kenal? Ini mungkin karena sebuah bot yang diprogram khusus untuk memperluas jarinagn sosial penipu untuk tujuannya sendiri. Anda mungkin berpikir tidak masalah untuk menambah teman baru, tapi yang tidak anda ketahui adalah para penipu ini mungkin sedang mencari celah untuk mengirim pesan spam atau virus.

3. Phishing
Phishing adalah usaha untuk mendapat informasi pribadi termasuk informasi kartu kredit, password, dan lain-lain. Para pelakunya biasa tampil seperti perusahan atau website resmi. Beberapa perangkap macam ini ada di Facebook seperti munculnya portal Facebook yang meminta anda untuk login ulang. Cara terbaik untuk mengenali phishing adalah dengan melihat url yang aneh di bagian alamat url.


4. Pages, Groups & Events Yang Mencurigakan
Banyak halaman scam yang dibuat hanya untuk mendapatkan dana mengumpulkan data pribadi para pengguna. Pembuatan grup di facebook sedang populer dan para penipu juga memperhatikan trend ini. Banyak halaman dan grup yang biasanya mencoba menipu anda dengan meminta anda mengundang teman anda untuk bergabung. Mereka menawarkan berbagai hadiah dan poin gratis jika teman anda bergabung di grup atau kuis itu. Beberapa grup bahkan menggunakan nama perusahaan besar seperti Microsoft atau Apple supaya terlihat meyakinkan.


5. Email palsu dari “Team Facebook"
Pernah menerima email yang menyebutkan bahwa Tim Facebook ingin mengkonfirmasi keamanan profil anda? Jangan langsung buru-buru membalasnya. Tim Facebook yang asli selalu mengirim pesan dan memberi pengumuman resmi yang mengatakan bahwa mereka tidak akan meminta informasi pribadi, data rahasia, atau password anda. Jika anda mendapat email atau pesan dari Tim Facebook yang meminta password atau data pribadi anda, anda bisa yakin bahwa mereka palsu dan sedang berusaha untuk mencuri identitas anda.


6. Worms & Viruses
Pernah menerima email yang menyebutkan bahwa Tim Facebook ingin mengkonfirmasi keamanan profil anda? Jangan langsung buru-buru membalasnya. Tim Facebook yang asli selalu mengirim pesan dan memberi pengumuman resmi yang mengatakan bahwa mereka tidak akan meminta informasi pribadi, data rahasia, atau password anda. Jika anda mendapat email atau pesan dari Tim Facebook yang meminta password atau data pribadi anda, anda bisa yakin bahwa mereka palsu dan sedang berusaha untuk mencuri identitas anda.

7. Western Union Money Scam
Salah satu jenis scam yang paling tidak dicurigai adalah ketika anda menerima email dengan nama teman anda, yang meminta anda untuk secepatnya mentransfer yang lewat Western Union, atau metode transfer lainnya, dengan alasan kebutuhan darurat. Ini adalah tipuan yang paling efektif, karena anda akan bingung menolaknya. Bagaimana kalau teman anda benar-benar butuh bantuan? Dan cara ini berhasil menipu dan mendapat banyak uang dari pengguna internet. Waspadalah dengan cara penipuan semacam ini dan konfirmasi langsung dengan teman anda lewat telepon.

8. Survey Tanpa Ijin
Kita sudah biasa mengikuti berbagai survey dan polling di Facebook. Ada banyak apliakis permainan yang membuat polling ini dan memberi hadiah poin atau meningkatkan status anda dalam game. Kuis semacam ini seru, tapi hati-hati dengan jenis kusi atau survey yang anda ikuti. Beberapa survey akan mengarahkan anda keluar dari Facebook dan masuk ke website penipuan. Ada juga yang meminta anda memasukkan informasi pribadi kalau ingin melihat hasil kuisnya, informasi ini bisa berupa nomor telepon dan lain-lain. Tolak saja aplikasi semacam ini, karena kebanyakan ini hanya tipuan untuk mendapat data pribadi anda.

9. Aplikasi yang berbahaya
Aplikasi yang berbahaya sering sekali terlihat seperti aplikasi biasa yang aman. Tampilan dari aplikasi ini terlihat sangat mirip dengan aslinya, dilengkapi dengan gambar dan tulisan yang membuatnya terlihat resmi. Padahal tujuan utama aplikasi palsu semacam ini hanya untuk membuat anda mengijinkan profil anda terbaca oleh aplikasi itu. Setelah anda mengijinkan akses aplikasi itu, ia akan mengirimkan bermacam-macam pesan dan pengumuman palsu ke teman-teman anda.

Suka dengan postingan berjudul Scam Di Facebook Yang Harus Diwaspadai? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

3 Responses to "Scam Di Facebook Yang Harus Diwaspadai"

  1. kunjungan balik nih...trims sudah berkunjung ke blog saya

    BalasHapus
  2. Ternyata ada juga virus di Facebook, perlu waspada nih.

    BalasHapus
  3. banyak juga ya ternyata, harus lebih hati2 lagi nih...
    makasih infonya bro ...

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger