Mengatasi Komputer Hang (Not Responding)



Hampir setiap pengguna komputer yang menggunakan system operasi Windows pasti pernah mengalami komputer yang tiba-tiba "hang". Pasti kesal doonk... dan hal ini tentunya akan mengganggu dan menghambat pekerjaan. Nah berikut ini tips mudah untuk menutup aplikasi yang Not Responding seperti itu.

Tanda aplikasi yang hang adalah pada title bar aplikasi tertera tulisan Not Responding. Aplikasi yang hang ini tidak bisa ditutup kecuali menggunakan task manager windows.

Menggunakan task manager sebenarnya tidak sulit, tinggal tekan Ctrl + Alt + Del, kemudian klik Start Task Manager. Setelah terbuka cukup pilih aplikasi yang hang, kemudian klik tombol End Task untuk menutup aplikasi yang hang tersebut.

Dengan memanfaatkan file taskkill.exe bawaan Windows kita bisa menutup aplikasi not responding dengan jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan membuat shortcut ke file taskkill.exe dengan langkah-langkah sebagai berikut :

* Klik kanan desktop Sobat. Pilih "New", pilih "Shortcut"

* Copy-paste kode di bawah ke field location shortcut.

Spoiler:

taskkill.exe /f /fi "status eq not responding"


Setelah melakukan langkah di atas maka akan ada sebuah shortcut dengan nama "taskkill". Dengan men-double click shortcut tersebut, komputer akan secara otomatis mengidentifikasi dan menutup setiap program "Not Responding". Tips ini bekerja pada Windows XP Pro, Vista dan Windows 7.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Suka dengan postingan berjudul Mengatasi Komputer Hang (Not Responding)? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

8 Responses to "Mengatasi Komputer Hang (Not Responding)"

  1. wah baru tau ada script untuk meng endtask kan program yang not responding ...biassanya si secara manual endtasknya...klo gk mau juga pake cara tradisional..yaitu tekan tombol power... :)

    BalasHapus
  2. heheee cara klasik yang menarik.. :D

    BalasHapus
  3. tips lama tapi tetap bermanfaat

    BalasHapus
  4. @BaBlogLo:
    Emang, cara tradisional yg paling mudah dan praktis. =))

    @Tips Kesehatan & clickbebas: :-bd

    ~Admin~

    BalasHapus
  5. yang tradisional lebih mantap kayaknya..

    BalasHapus
  6. Terima kasih untuk infonya sobat :)

    BalasHapus
  7. Cara yang efektif..!
    salam kenal dan semoga sukses selalu...

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger