Merawat dan Menjaga USB Flash Drive


Setelah Sobat mengetahui tips dan trik memilih USB Flash Drive yang akan Sobat beli, Sobat sebaiknya juga mengetahui cara merawat dan menjaga USB Flash Drive baru Sobat agar mendapatkan kualitas terbaik dari USB Flash Drive tersebut. Tips dan trik cara merawat dan menjaga USB Flash Drive bisa Sobat baca di bawah ini :

1.       Hindarkan dari magnet
Tidak menyimpan USB Flash Drive di sekitar benda yang mengandung magnet berkekuatan besar, seperti TV dan ponsel. Hal ini disebabkan gelombang elektromagnetik dari dua benda tersebut dapat merusak USB Flash Drive. Selain itu, juga jangan menyimpan USB Flash Drive dan ponsel secara bersamaan (misal dalam satu kantong tas). Di rumah atau tempat kerja dan dimanapun Sobat berada, jangan meletakkan USB Flash Drive di dekat TV ataupun benda yang memiliki gelombang magnet.

2.       Hindarkan dari virus
Virus dapat menempel di USB Flash Drive jika Sobat sering mengambil data dari internet atau komputer orang lain melalui USB Flash Drive. Virus yang masuk kemudian akan merusak data yang tersimpan atau merusak file sehingga tidak bisa terbaca sama sekali. Oleh karena itu pastikan Sobat sering meng-update antivirus untuk mengecek keberadaan virus.

3.       Hindarkan dari air
Beberapa perusahaan pembuat USB Flash Drive mengklaim bahwa produknya anti-air, namun sebaiknya jangan mencoba memasukkan USB Flash Drive ke air ataupun membiarkannya terkena air sedikit saja, karena air dapat menghilangkan data dalam USB Flash Drive.

4.       Hindarkan terjadinya benturan keras
Perlakukan USB Flash Drive sebagaimana mestinya. Jika USB Flash Drive Sobat terjatuh atau terkena benturan keras, sangat mungkin bentuk fisiknya akan rusak, begitu pula dengan data di dalamnya. Jadi jagalah USB Flash Drive Sobat dari benturan keras.

5.       Hindarkan dari sinar matahari langsung
Usahakan supaya USB Flash Drive Sobat jangan terkena oleh sinar matahari langsung. Karena efek panas yang dihasilkan dapat mempengaruhi performa kinerja USB Flash Drive Sobat baik secara fisik maupun nonfisik.

6.       Tutuplah selalu
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket USB Flash Drive Sobat kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis mengalami kegagalan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memasang tutupnya supaya tidak kotor.

7.       Minimalisir proses hapus-tulis
Sama seperti kita, USB Flash Drive juga memiliki batas usia. Artinya suatu saat USB Flash Drive kita bisa  mati  dan tidak bisa digunakan lagi. Usia USB Flash Drive berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari USB Flash Drive itu sendiri. Biasanya usia USB Flash Drive antara 10.000 – 100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut  dan jangan mengedit langsung dari USB Flash Drive. Tapi tenang saja, menurut pengakuan Micron dan Sun, yang telah mengembangkan teknologi NAND Flash Single level cell (SLC) yang dapat memperpanjang usia media penyimpan berbasis flash tersebut hingga mencapai  1 juta siklus dan baca, angka tersebut merupakan angka tertinggi di pasaran produk teknologi benda kecil tersebut saat ini.

8.       Gunakan USB Flash Drive dengan benar
Mungkin Sobat sering mencabut USB Flash Drive begitu saja dari port USB komputer. Padahal, cara semacam ini mempengaruhi data-data yang tersimpan. Sebaiknya, Sobat mengikuti prosedur yang ada dengan melakukan proses stop atau eject  terlebih dulu, baru kemudian mencabutnya, agar USB Flash Drive tetap awet.


Suka dengan postingan berjudul Merawat dan Menjaga USB Flash Drive? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

9 Responses to "Merawat dan Menjaga USB Flash Drive"

  1. makasih atas infonya, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  2. nice tip sahabat sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Makasih sobat atas berbagi tipsnya yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  4. seri USB mempengaruhi kecepatan flasdisk kita g??? misa USB 3.0 dg USB 2.0

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas infonya sob, sangat bermanfaat nih..

    BalasHapus
  6. wah sangat bermanfaat nih informasinya ,,,jadi tahu sekarang

    BalasHapus
  7. Artikel yang bagus nih,
    Mantap.

    Berhasil Follow yang ke 64 follback yah :-h
    By Adie Konoe

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger