Tips Memilih Dan Membeli USB Flash Drive


Tips ini sangat penting bagi Sobat sebelum Sobat menyesal di kemudian hari karena sedikit kesalahan dalam memilih USB Flash Drive ketika membelinya. Berikut di bawah ini menjelaskan beberapa tips yang perlu Sobat lakukan untuk melakukan survey terlebih dahulu agar mendapatkan USB Flash Drive yang berkualitas.




1.       Dukungan Software

Sobat dapat memilih USB Flash Drive yang memiliki chip pengontrol di setiap unitnya. Chip pengontrol ini memudahkan Sobat untuk menginstal USB Flash Drive dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, Partition Software, File Synchronization, dan lain-lain. Security Software sangat penting dalam memastikan data sensitif Sobat tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berwenang. Sobat dapat memilih flash disk yang kompatibel dengan beberapa sistem operasi, tanpa harus menggunakan driver (tidak tergantug dengan driver tertentu).

2.       Kecepatan Transfer Data
Faktanya, kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s, namun kecepatan tersebut akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub, walaupun USB  2.0 memiliki kecepatan lebih baik dari USB 1.1, dengan kecepatan 1.5 Mb/s.

3.       Desain
Jangan salah dalam memilih desain USB Flash Drive. Pilihlah sesuai dengan kriteria yang telah Sobat tentukan, misal Sobat seorang cewek maka interface dengan motif bunga atau yang berhubungan dengan sifat feminin sangat cocok untuk Sobat. Bagi Sobat yang kerap terpaksa memakai dua slot USB secara bersamaan, maka pilihlah desain yang kecil dan jangan terlalu besar karena pada model USB Flash Drive yang besar ukurannya dapat menyita slot USB di sampingnya.

4.       Kelengkapan
Tidak hanya desain dan model fisik USB Flash Drive yang disesuaikan dengan selera Sobat, yang juga harus diperhatikan adalah kelengkapan produknya, seperti tali gantungan, tutup casing USB Flash Drive, paket CD driver, fasilitas anti air, pengunci manual di luar casing, kabel USB, dan aksesoris lainnya.

5.       Kapasitas
Sobat dapat membeli USB Flash Drive dengan kapasitas kebutuhan Sobat, misalnya kapasitas ideal adalah 2 Gb (rata-rata 1 Gb – 2 Gb). Semakin tinggi kapasitasnya semakin banyak data yang mampu disimpan.

6.       Manufaktur
Sangat penting bagi Sobat untuk memilih USB Flash Drive yang andal dan memiliki servise center yang jelas. Sobat harus memastikan kebenaran informasi mengenai produsen dan distributornya, serta cara menghubungi mereka. Hal ini berguna ketika Sobat mengalami masalah dengan USB Flash Drive, atau klaim garansi, sementara outlet tempat Sobat membeli USB Flash Drive tidak bersedia melayani klaim Sobat.

7.       Garansi
Garansi sebisa mungkin life time, namun pada umumnya pemakaian rata-rata USB Flash Drive hanya sekitar 2 hingga 3 tahun, bisa karena faktor jenuh atau bosan dalam pemakaian atau mungkin Sobat membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Hal inilah yang menjadi dasar anggapan bagi sebagian orang bahwa masa garansi cukup untuk 2 hingga 3 tahun.

8.       Uji coba USB
Setelah membeli USB Flash Drive, Sobat bisa melakukan uji coba atas performa kinerja USB Flash Drive baru Sobat tersebut. Gunakan aplikasi uji coba dalam mengetahui kecepatan transfer data.

Nah, demikian tips dan trik memilih USB Flash Drive yang akan Sobat beli. Sobat sebaiknya juga mengetahui cara merawat dan menjaga kualitas USB Flash Drive yang akan saya tulis pada postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Suka dengan postingan berjudul Tips Memilih Dan Membeli USB Flash Drive? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

18 Responses to "Tips Memilih Dan Membeli USB Flash Drive"

  1. Keren tipsnya, jadi bahan masukan saya sebelum membeli flash disk agar tidak salah beli...

    BalasHapus
  2. tip yang bermanfaat dan membantu, thanks sahabat.

    BalasHapus
  3. kalo aku milih yang desainnya bagus... warnanya pink..tapi fd q warna hitam :) hehe

    BalasHapus
  4. sekarang banyak bermunculan yang palsu :O

    BalasHapus
  5. terimakasih atas infonya.

    salam kenal, follow sukses.

    BalasHapus
  6. Tips yang sangat berguna Sob.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  7. mampir disini sobat..

    Nice info sobat...tips yang sangat bermanfaat soabat

    BalasHapus
  8. nice post sobat, tips yg bermanfaat sebelum menentukan akan membeli fd yg bagaimana..
    ditunggu kunjungan baliknya ya
    happy blogging :)

    BalasHapus
  9. Flash Drive bisa diibaratkan sebagai dompet. jadi salah satu barang yg sangat penting buat kita. makasih gan dah share, akan ane ingat selalu....

    BalasHapus
  10. mksih tips dan triknya semoga ini menjadi peljran yg sngt brhrga bgi sya pribadi

    BalasHapus
  11. tips yang sangat bermanfaat...
    makasih sob...

    BalasHapus
  12. Nice blog........
    Keep posting

    please visit my blog it's
    wallpapers
    related site.
    Peoples can download latest hd wallpapers totally free

    BalasHapus
  13. makasi bos atas infonya...
    flash disk uda murah praktis lagi... (y)

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger