Facebook Chat Metamorphic Virus


Dalam beberapa hari ini, mungkin Sobat pernah mendapatkan kiriman URLFake atau URLJoke yang merekayasa dirinya sedemikian rupa seakan-akan kiriman gambar (.jpg) tetapi dalam kenyataannya mengunduh varian virus baru. Kiriman tersebut berasal dari beberapa teman Facebook melalui pesan singkat chat. (lihat gambar).





Begitu mudahnya trojan ini menginfeksi komputer tidak lain karena memanfaatkan rekayasa sosial. Pengguna komputer yang terinfeksi, secara tidak langsung tidak akan menyadari bahwa komputer yang digunakan telah terinfeksi dan trojan yang ada pada komputer tersebut berusaha mencoba mengirimkan pesan chat kepada teman-teman Facebook Sobat, saat Sobat tidak sedang ada ditempat atau Sobat tidak sedang menggunakan media chat tersebut.

Di sisi lain, bagi teman Sobat yang mendapatkan pesan chat tersebut tentunya masih banyak yang tidak mengira bahwa pesan yang dikirimkan tersebut merupakan "aksi" dari trojan. Dan banyak yang justru terpancing / tertipu menjalankan link yang ada pada pesan chat tersebut, terlebih link file tersebut yang menyamar menjadi file gambar (JPG) yang tidak berbahaya.

Saat kita mencoba mengakses link yang telah diberikan tersebut dan berharap akan muncul sebuah gambar yang mungkin cukup menarik. Tetapi justru browser malah mendownload sebuah file yang telah di kompres dalam zip. (lihat gambar).





Trojan ini merupakan salah satu malware jenis ZBOT yang memiliki kemampuan berubah-berubah pada kode (hash) file walaupun memiliki ukuran atau nama file yang sama. Teknik ini disebut juga "metamorphic". Dengan kemampuan tersebut, trojan baru akan sulit dideteksi walaupun antivirus sudah mendapatkan sample database dari file trojan sebelumnya. Setiap kumpulan file trojan yang memiliki ukuran dan nama file yang sama, akan sangat sulit terdeteksi oleh program antivirus. Oleh karena itulah, kenapa sangat sulit mencegah serangan trojan ini, meskipun Sobat sudah menggunakan antivirus terkenal dan terupdate sekalipun. (lihat gambar).


 Cara Aman Hindari Serangan
Beberapa hal yang dapat Sobat lakukan sebelum menjadi korban yaitu :
1.   Hindari melakukan klik pada link yang dikirim pada Sobat, baik melalui pesan chat FB atau status SEKALIPUN file / link yang dikirim tersebut kelihatannya aman dan tidak mengandung virus.
2.  Jika Sobat ingin melakukan hal tersebut, disarankan untuk melakukannya dari komputer / browser yang tidak memiliki cookie informasi login akun Facebook Sobat.
3.   Beritahukan pada teman Sobat, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera lakukan update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.
4.  Jangan meninggalkan FB Sobat dalam keadaan aktif/login, sebaiknya Sobat logout dahulu hingga Sobat kembali.
5.    Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada fitur sekuriti Facebook. Hal ini akan mempersulit virus atau program apps jahat menginfeksi dan menipu diri Sobat.
6.   Gunakan program antivirus yang memiliki support lokal dan laboratorium virus lokal yang selalu memonitor ancaman terbaru sehingga Sobat mendapatkan proteksi yang maksimal. (Source) 



Suka dengan postingan berjudul Facebook Chat Metamorphic Virus? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

11 Responses to "Facebook Chat Metamorphic Virus"

  1. Artikel yang bagus nih,,gan =D7

    Comment back di Link Ini
    Latar Belakang Postingan

    BalasHapus
  2. info yg sangat berguna trimakasih..

    BalasHapus
  3. Wow.. this virus is cool, the one who created this need a tapped shoulder his truly good hacker, but I hope he created this virus in an ethical way. The guy is genius..:-Q

    BalasHapus
  4. virus in memang lagi marak skali sob,,,

    BalasHapus
  5. saya sering dapat pesan seperti ini dari facebook sobat... ternyata isinya trojan yach sobat....

    BalasHapus
  6. Szia kellemes szép napot békében sikerekben boldogságban szeretettben kívánok neked nagyon jó a honlapod gratulálok hozzá és kívánok sok látogatókat neked http://gdi56.gportal.hu/

    BalasHapus
  7. Ane baru tau sob, untung aja blom pernah kena :)

    BalasHapus
  8. iya tuh biasanya resek aja tiba-tiba ada yg chat tp isinya virus...

    BalasHapus
  9. Terima kasih telah berbagi pengetahuan dan ilmunya sobat...bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  10. baru tahu nih klo facebook bisa disusupi virus selain facebook virus juga bisa lewat ym lo....

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger