Profesi TI Paling Cihuy



Profesi di kancah teknologi informasi (TI) tidak hanya programmer, network engineer, atau technical support, lho. Ada banyak pekerjaan menarik terkait komputer yang mungkin tidak terpikirkan oleh kamu, tapi sesungguhnya ada dan seru sekali dijalani.

Nggak percaya? Coba tengok daftar beberapa profesi berbau teknologi paling mengasyikkan yang dikompilasi dari berbagai sumber berikut ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi dan motivasi bagi kamu untuk serius di kancah TI.

1 Chief Technology Officer untuk Pemerintah AS
Selama kampanye pemilihan presiden, Barack Obama berjanji akan menciptakan posisi Chief Technology Officer (CTO) di pemerintahannya jika ia terpilih. Tiga bulan setelah ia duduk di Gedung Putih, Presiden Obama meminta Aneesh Chopra, yang sebelumnya menjabat sebagai Secretary of Technology di Virginia, untuk mengisi posisi tersebut.

Sang CTO bertugas mulai dari mempromosikan inovasi teknologi di AS hingga meningkatkan pertahanan negara melawan serangan di dunia maya yang dapat, di antaranya, melemahkan ekonomi negara adidaya tersebut. Obama sendiri berharap, dengan mempromosikan teknologi di AS, Chopra dapat membantu menciptakan ribuan pekerjaan baru di sektor teknologi.

Lahirnya posisi CTO ini merupakan momen bersejarah di AS. Sebelumnya, keterlibatan pemerintah AS dalam bidang inovasi teknologi sebagian besar terbatas pada militer saja. Secara tradisional, pemerintah mengandalkan sektor swasta untuk mendorong inovasi. Nah, sebagai CTO, Chopra akan berusaha menjaga AS di baris depan pengembangan teknologi.

2 Chief Internet Evangelist Google
Vint Cerf adalah satu dari beberapa jenius yang mengerjakan proyek ARPANET. Berkat usaha merekalah tercipta jaringan komputer yang menyediakan pondasi bagi Internet sekarang ini. Cerf bekerja sangat dekat dengan Robert Kahn untuk mengembangkan protokol-protokol TCP/IP — rangkaian aturan yang menetapkan bagaimana informasi melintas antarjaringan komputer.

Setelah membantu mendesain cikal-bakal internet ini, Cerf kemudian bekerja sebagai eksekutif di beberapa perusahaan TI sebelum akhirnya mendarat di Google. Dan tugasnya selaku Chief Internet Evangelist adalah menyingkap teknologi-teknologi internet baru dan mencari cara-cara untuk memasukkannya ke dalam apapun yang Google lakukan.

3 Senior Vice President Industrial Design Apple
Tidak perlu diragukan lagi: Apple mereguk kesuksesan dari membuat produk-produk yang seksi. Lihat saja iMac yang ramping dan mengkilap itu, atau iPhone yang luar biasa populer itu. Memang, banyak faktor yang berkontribusi atas kesuksesan lini iMac, iPhone, iPad, dan produk Apple lainnya. Tapi desain pastinya ada di posisi teratas. Dan untuk desain tersebut yang berjasa adalah Jonathan Ive.

Ive membentuk studio desainnya sendiri yang bernama Tangerine di awal 1990-an. Salah satu klien terpenting Tangerine adalah Apple. Nah, pada tahun 1992, Ive pindah dari Inggris ke Cupertino, California untuk bergabung dengan tim Apple secara penuh.

Saking pentingnya desain bagi Apple, ketika Steve Jobs memutuskan untuk mengurangi keterlibatannya dengan perusahaan tersebut untuk memulihkan kesehatannya, banyak jurnalis teknologi berasumsi bahwa Ive akan menggantikan posisi Jobs sebagai CEO baru. Ive sendiri cenderung menjauh dari wawancara dan pusat perhatian. Ia lebih suka karyanya yang menjadi bintang utama.

4 Computer Games Tester
Bagi orang yang doyan nge-game, apalagi hal yang paling asyik dilakukan selain dibayar untuk menghabiskan waktu mencicipi game-game terbaru? Tidak sedikit lho orang yang beruntung melakukannya untuk memungkinkan perusahaan meluncurkan game-game anyar senilai jutaan dollar AS dengan bug seminimal mungkin.

Computer games tester (penguji game komputer), atau yang dikenal dengan nama resmi Quality assurance tester, mendapatkan penghasilan dari mencoba menyelesaikan game sambil mencari-cari kesalahan yang mungkin terlihat sepele seperti salah eja atau dinding yang bisa ditembus. Pekerjaan ini tidak mudah lho, karena membutuhkan kombinasi bermain yang ahli dan mata yang cermat terhadap detail.

Oh ya, staf redaksi dan kontributor di media khusus game atau komputer juga ada yang dibayar khusus buat nge-game. Bedanya dengan game tester yang bekerja di perusahaan game, mereka tidak mencari-cari kesalahan melainkan menjajal asyiktidaknya si game untuk kemudian di-review dan dikritisi di media.

5 Gadget Reviewer
Pekerjaan ini mungkin impian bagi para penggemar gadget. Hampir setiap hari, akan ada kurir yang membawakan berbagai macam perangkat teknologi baru, apakah itu kamera, netbook, atau ponsel kepada si reviewer Gadget yang kemudian akan merangkai kata setelah mengujinya untuk dimuat di website, majalah, koran, atau tabloid.

Biasanya, produk yang “dipinjami” oleh vendor untuk diuji belum dirilis di pasar secara resmi sehingga para reviewer-lah orang-orang pertama yang menjajalnya duluan. Vendor yang basisnya di luar negeri seperti Taiwan sekalipun rela lho mengirimkan produknya untuk diuji.

6 Inferno Artist
Nama tenarnya sih “Visual effect artist”. Titel “artist” adalah kunci profesi ini, karena pekerjaan tersebut benar-benar merupakan kombinasi antara seni dan teknologi. Para Inferno artist-lah yang berjasa menciptakan efek-efek CGI (computer-generated imagery) di film-film Hollywood yang umumnya memakai software Inferno keluaran Autodesk.

7 Control Systems Engineer Formula One
Sebagai olahraga berteknologi tinggi, balapan Grand Prix mempekerjakan ratusan pakar komputer berkemampuan sangat tinggi pula. Dan salah satu di antaranya yang beruntung ikutan keliling dunia bersama tim Formula One adalah Control Systems Engineer yang memiliki tanggung-jawab sangat besar untuk memastikan pengemudi dan mesin bekerja sebagai satu unit.

8 Technology Evangelist
Kamu tentunya punya gadget dan aplikasi idaman. Nah, seorang evangelist teknologi profesional dibayar untuk membagi antusiasme tersebut dengan siapa saja yang mau mendengarkan atau membaca blog mereka.

Orang pertama yang menjabat profesi menarik ini disebut-sebut adalah Mike Boich yang mempromosikan komputer Macintosh untuk Apple Inc. Terkait erat dengan penjualan dan training, seorang evangelist harus mampu meyakinkan seorang pembeli potensial atau pengguna untuk bermigrasi dari metode lama ke metode baru.

9 Entrepreneur
Siapa milyuner termuda di dunia tahun ini? Menurut daftar Forbes, nomor satunya adalah Mark Zuckerberg yang baru berusia 25 tahun. Tahu kan siapa dia? Sumber kekayaan Zuckerberg yang berasal dari AS ini adalah Facebook dengan total nilai US$4 milyar. Padahal Zuckerberg baru memulai bisnis entrepreneur-nya pada tahun 2004.

Yoshikazu Tanaka yang kini berusia 33 tahun juga masuk daftar milyuner dunia termuda Forbes. Berkebangsaan Jepang, kekayaan Tanaka yang totalnya mencapai US$1,4 milyar juga berasal dari jejaring sosial. Ia adalah pendiri GREE (gree.jp) yang performanya baru-baru ini telah melampaui mixi, jejaring sosial raksasa di Jepang, dan memimpin pasar di negara tersebut. Pengguna GREE per Juli 2010 mencapai 21,25 juta, sementara anggota mixi tercatat 21,02 juta.

Intinya, berkecimpung di kancah TI tidak hanya mengasyikkan, tapi juga bisa bikin kaya. Zuckerberg dan Tanaka telah membuktikannya. Berkat keberanian memulai bisnis di jejaring sosial alias menjadi entrepreneur, mereka sukses menjadi milyuner di usia demikian muda. Contoh tersukses tentunya adalah Bill Gates yang masih menjadi orang terkaya di Amerika dan orang kedua terkaya di dunia tahun ini berkat perusahaan Microsoft-nya dengan total kekayaan US$53 milyar.

Suka dengan postingan berjudul Profesi TI Paling Cihuy? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

11 Responses to "Profesi TI Paling Cihuy"

  1. semua butuh keterampilan dan tentu saja kreativitas.. :)

    BalasHapus
  2. weh ternyata banyak juga ya kerjaan yang lain yg mantap2

    BalasHapus
  3. q TI :D
    ya moga ja q bisa dpoet yg terbaik nanti :)
    amiin :3

    tpui smua btuh kerja keras n keuletan :D

    BalasHapus
  4. luar biasa! IT mengubag hidup seseorang, bahkan bisa menjadi sumber berkat :)

    BalasHapus
  5. w0w... kerjanya enak, gajinya mantap... kapan yah ane bisa gto.. (ngarep) hehe

    BalasHapus
  6. haha...gue paling suka profesi yang ke empat...wuihh..selalu pertamax game terbaru...Happy blogging

    BalasHapus
  7. Enak juga yaa bekerja di kancah TI

    BalasHapus
  8. kapan aku bisa seperti mereka ya ,,??!! *ngimpii ...

    BalasHapus
  9. Makasih informasinya gan.. Bsa tambah ilmu.. Ditunggu kunjungan baliknya Di A.M.R'S BLOG


    BISNIS ONLINE PPC INDONESIA PALING MENGUNTUNGKAN

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger