Malware Mengintai di Hari Valentine



Momen Valentine kerap menjadi ajang bagi para penjahat dunia maya untuk menyebarkan jebakan.

Caranya, dengan mengirimkan email spam yang menawarkan hadiah untuk Hari Kasih Sayang kepada pengguna Internet.

Menurut penelitian antivirus Kaspersky, para hacker mulai menyebarkan spam sejak Januari 2012 lalu.

Ada beberapa kata yang biasa digunakan peretas untuk menarik minat si penerima email spam untuk membuka isinya. Misalnya dengan menggunakan kata "kupon" dan "diskon" pada subjek email atau mengisinya dengan gambar atau video yang menarik.

Email spam Valentine pertama yang dideteksi Kaspersky Lab awal tahun ini menggunakan metode tersebut. Ada perusahaan yang menawarkan penerima email untuk membeli hadiah Valentine kecil menggunakan diskon yang bisa diperoleh lewat layanan kupon, Groupon.

Namun dari pengamatan Kaspersky Lab, upaya seperti ini tidak terlalu efektif karena pengguna Internet justeru akan merasa terganggu, sehingga mereka cenderung menghindari dan membuka email tadi.

Penggunaan layanan kupon untuk iklan perusahaan rentan terhadap phising. Pelaku phising akan mencari pemilik email yang memiliki dana untuk layanan kupon.

Dana kemudian akan dikuras oleh pelaku phising begitu penerima email terpancing dengan tawaran kupon palsu tersebut.

Suka dengan postingan berjudul Malware Mengintai di Hari Valentine? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

2 Responses to "Malware Mengintai di Hari Valentine"

  1. Untungnya saya tidak memperingati, jadi tidak berkirim ucapan atau hadiah. Memang harus waspada jika selalu terkoneksi dg internet. Trims buat sharenya sob :)

    BalasHapus
  2. email spam memang meresahkan, apalagi dibarengi dengan penyebaran jebakan, mungkin kita memang lebih hati-2 bila terima email yang tidak jelas, terima kasih sharenya

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger