Kiamat Kecil Internet Akan Terjadi 8 Maret 2012


Pernah dengar ancaman anonymous yang mengatakan ingin “menutup” internet ? Ibarat toko di Mangga Dua, anonymous mengancam untuk menutup internet pada tanggal 31 Maret 2012. Alasannya bukan karena libur Lebaran atau Imlek, tetapi sebagai pernyataan protes kepada pemerintah Amerika Serikat yang menjalankan SOPA (Stop Online Piracy Act) yang dinilai mengekang kebebasan berekspresi di internet yang pada saat ini mulai memakan korban dimana Megaupload ditutup dan beberapa portal file sharing (termasuk Youtube) bergegas merubah perjanjian upload file. Teknik yang di gembar-gemborkan untuk digunakan oleh anomymous dalam “menutup” internet ini adalah menyerang 13 DNS server utama dimana secara teoritis jika 13 DNS server utama ini dilumpuhkan, maka komputer-komputer di seluruh dunia akan kebingungan karena tanpa DNS server utama ini praktis seluruh server internet tetap online TETAPI hanya dicapai dari nomor IP-nya saja dan tidak bisa dicapai dari alamat web. Contohnya jika Sobat browse tanpa DNS www.google.com tidak akan dikenali karena komputer hanya tahu alamat IP server google 173.194.38.165. Jadi secara tidak langsung pengguna komputer akan kehilangan akses browsing, mengirimkan email atau menggunakan layanan internet lain seperti internet banking dan transaksi saham. Tetapi hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai omong besar dan akan sangat sulit untuk melumpuhkan DNS utama yang menjadi tulang punggung internet. Bagaimana kalau saya menginformasikan kepada Sobat, bahwa kiamat internet ini kemungkinan akan terjadi pada tanggal 8 Maret 2012 dalam skala yang lebih kecil. Katakanlah paling tidak jutaan komputer akan mengalami kiamat internet tersebut..... dijamin !!! Penasaran?? Silahkan baca artikel di bawah ini.

Alkisah, pada bulan November 2011 yang dingin dan apes bagi 6 warga Estonia, FBI melalui operasi yang dinamakan “Operation Ghost Click” berhasil menciduk mereka karena melakukan aksi yang mengejutkan. Menginfeksi lebih dari 4 juta komputer (baik PC maupun Mac) di dunia dengan malware yang memiliki kemampuan mengubah DNS komputer korbannya dan mengarahkannya ke server-server DNS palsu yang telah dipersiapkan sebelumnya dan menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan finansial. Khususnya dari aktivitas iklan online, spam dan scam. Yang menjadi masalah pada saat penangkapan ini adalah masih ada jutaan komputer yang terinfeksi oleh DNSchanger ini dan tetap menggunakan DNS palsu ini sebagai DNS utamanya. Jika server-server DNS palsu tersebut dimatikan, maka otomatis seluruh komputer yang menggunakan DNS palsu tersebut akan mengalami kiamat kecil alias tidak bisa terhubung ke internet selama DNS settingnya belum dibenahi. Karena itu FBI mengambil keputusan untuk mempertahankan DNS server palsu ini setelah sebelumnya membersihkan server-server ini dari aksi penyimpangan DNS. Itu tadi kabar baiknya, bagi Sobat yang terinfeksi oleh DNSchanger. Kabar buruknya adalah, pengadilan memerintahkan FBI untuk mematikan seluruh DNS server palsu tadi pada tanggal 8 Maret 2012 karena menganggap sudah memberikan cukup tenggang waktu bagi para korban DNSchanger ini untuk memperbaiki komputernya. Karena itu, jika komputer Sobat terinfeksi oleh DNSchanger dan belum dibersihkan, maka pada tanggal 8 Maret 2012 praktis akan tidak bisa mengakses internet atau dengan kata lain mengalami kiamat kecil internet. Lebih celaka lagi, DNSchanger ini tidak hanya menginfeksi komputer (PC dan Mac) tetapi ia juga memiliki kemampuan untuk menginfeksi router-router dan memanipulasi DNS server dari router tersebut sehingga seluruh komputer yang terkoneksi melalui router ini dan secara otomatis menggunakan DNS router ini akan ikut tersesat dan mengalami kiamat internet juga sekalipun komputer-komputer ini sama sekali tidak terinfeksi oleh DNSchanger.

Bagaimana cara mendeteksinya
Ada dua cara untuk memastikan DNS Sobat tidak disesatkan. Pertama adalah menggunakan Command Prompt. Caranya adalah :

·         Windows 7 klik [Start] lalu ketik “command” Sobat akan membuka layar command prompt.
·         Lalu ketik “ipconfig /all” di command prompt dan cari “DNS Server” dari koneksi internet yang Sobat gunakan. Pada contoh di gambar di bawah, karena koneksi menggunakan “Ethernet Adapter” maka yang dilihat adlaah DNS Server dari Ethernet Adapter (jika Sobat menggunakan Wireless LAN, lihat DNS server pada Wireless LAN).


Pastikan bahwa DNS server tersebut sama dengan DNS server ISP Sobat. Pada contoh di atas, DNS server yang digunakan adalah DNS serveryang disediakan oleh Google.
·        Jika Sobat ragu dan tidak mengetahui DNS ISP Sobat, Sobat dapat memasukkan DNS tersebut ke situs yang telah disediakan di https://forms.fbi.gov/check-to-see-if-your-computer-is-using-rogue-DNS dan jika hasilnya seperti gambar  di bawah maka komputer Sobat aman dan DNS komputer Sobat tidak mengarah ke DNS server palsu.


Tetapi jika hasilnya seperti gambar di bawah ini maka komputer Sobat dapat dipastikan menggunakan DNS palsu dan kemungkinan terinfeksi oleh DNSchanger.


Jika DNS Sobat mendapatkan pesan yang sama dengan gambar di atas harap berhati-hati. [Your IP corresponds to a known rogue DNS server, and you computer may be infected, pleae consult computer professional]. Source

Salam dan semoga berguna.

Suka dengan postingan berjudul Kiamat Kecil Internet Akan Terjadi 8 Maret 2012? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

15 Responses to "Kiamat Kecil Internet Akan Terjadi 8 Maret 2012"

  1. gitu ya, tp kayanya enggak deh, tapi gak tau deng :p

    aduh sob, moderasinya susah nih ...:p

    BalasHapus
  2. saya masih tidak habis pikir gimana caranya anonymouse mengalahkan Server utamanya. apa progammer pembasmi anonymouse gak ada ya? atau semua programmer tergabung dengan anonymouse?

    BalasHapus
  3. wah info yg bermanfaat bgt nih sob..!? hmm...serem jg klo da kiamat iternet nih hahahayyy

    mkasih nih infox.!?

    BalasHapus
  4. Asli baru baca ttg DNS di sini, jd perlu dibaca - baca lagi neh biar rada ngerti sedikit:)

    BalasHapus
  5. Mantef banget artikel abang nih..salut bangg.

    BalasHapus
  6. waah gawat nich kalau akses intrnrtnya ditutup semua sobat...

    BalasHapus
  7. Ini benar-benar ilmu yang bermanfaat sob, untuk keamanan dan kenyamanan berinternet.
    nice share.

    BalasHapus
  8. 8 maret sudah lewat,,,
    ternyata nggak terjadi,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  9. Wah ada-ada aja thanks info dan tips cek DNS nya sobat

    BalasHapus
  10. hehehe...tapi gak apalah :D masih banyak jalan menuju roma... Salam kenal kawan TRIK FREE INTERNET CLCP HANDPHONE Dinanti karya selanjutnya gand :)

    BalasHapus
  11. Apakah ramalan ini terjadi ya diTanggal 8 Maret yang lalu..??kalau ya apa saja yang kena imbas dari ramalan tersebut...?? mohon pencerahan Sang- Mastah..Terimakasih

    BalasHapus
  12. untung baru kiamat internet,apalagi kalau kiamat dunia ya,wah semuanya yang ganti DNS nya maeot aliat co.id semua.nice info

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger