Mitos Seputar Keamanan Komputer


Percaya mitos? Itu terserah. Tetapi, inilah beberapa mitos dalam dunia komputer yang sebaiknya tidak dipercaya.

Ya, sebaiknya Sobat tidak percaya mitos. Tapi, kalau mau percaya yah boleh-boleh saja.
Simak dulu mitos-mitos di bawah ini.

Instal Perangkat Keamanan Berarti 100% Aman
Perangkat keamanan itu contohnya antivirus, firewall, atau perangkat back-up. Memang banyak pembuat antivirus yang berkoar kalau antivirusnya paling hebat dalam melindungi PC. Mungkin betul dia paling hebat, tapi 100% melindungi? Tidak! Bahkan perusahaan antivirus pun tidak menjamin komputer mereka bakal aman 100% meskipun software sudah terinstal. Kalau tidak percaya, tanya saja sama mereka.

Tapi harus diakui, meskipun tidak 100% bikin aman, perangkat keamanan wajib diinstal. Anggaplah instal antivirus itu baru 80% aman. Nah, 20% lagi harus didukung oleh kebiasaan berkomputer yang sehat oleh penggunanya. Bagaimana berkomputer yang sehat? Scan-lah flash disk yang dicolok. Hindari untuk memakai software bajakan. Dan jangan bermain-main ke situs Web nakal.

Sekali Instal, Sudah Selesai
Maksudnya begini. Ketika Sobat sudah instal software, tidak berarti Sobat tak lagi peduli akan versi terbaru dari software tersebut.

Software biasanya punya kesalahan—seperti manusia, tidak ada manusia yang sempurna. Suatu saat, pembuat software akan meluncurkan update atau patch. Nah, itu wajib Sobat instal soalnya patch atau update biasanya memperbaiki kesalahan-kesalahan pada software yang mungkin bisa digunakan malware untuk masuk atau beraksi.Software yang paling penting Sobat update adalah sistem operasi, antivirus, dan software yang berhubungan dengan Internet.

Cuek... Isi Komputer Tidak Ada yang Penting
Isinya hanya file MP3 dan AVI—itu pun hasil download—tak pentinglah. Eh ingat, komputer bukan cuma tempat MP3, AVI, atau file lain. Sobat juga berinternet dengan komputer itu, bukan? Sobat punya profil di Facebook atau data pribadi yang tersimpan dalam browser.

Sobat bisa saja menganggap data pribadi yang isinya hanya nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, nomor telepon, dan lainnya tidak penting. Tapi, apa yang tidak penting buat Sobat, bisa jadi penting buat penjahat. Misalnya nih, orang yang punya malware sudah tahu alamat e-mail dan tanggal lahir Sobat. Ia bisa saja mencoba login ke akun Facebook Sobat. Dia berharap Sobat pakai tanggal lahir sebagai password dan eh, benar! Ketika itu terjadi, apa Sobat masih menganggap data pribadi begitu tidak penting sehingga boleh diumbar ke orang?

Anggaplah isi komputer Sobat memang tidak penting. Tapi ingat, penjahat tetap bisa menggunakan komputer Sobat untuk menyerang komputer orang lain. Sobat boleh cuek karena toh yang diserang orang lain. Oh jangan begitu. Sobat juga rugi. Kenapa rugi? Baca mitos terakhir yah.

Penjahat Cuma Serang Borjuis
Ah, penjahat mah hanya menyerang orang kaya. Orang sekolahan seperti saya belum punya uang banyak, tak mungkin diserang. Kalau data saya tercuri juga, saya tak punya apa-apa.

Eits, ini pemikiran salah juga. Semua orang bisa diserang. Penjahat itu kebanyakan tidak menyerang untuk langsung mencari uang. Uang itu memang tujuan, tapi didapatnya bukan dengan cara membobol rekening. Itu risikonya sangat besar. Mereka biasanya mencari database informasi dan menjual database informasi itu. Harganya tergantung kelengkapan database. Misalnya, database yang mengandung nomor kartu kredit lebih mahal harganya ketimbang database yang berisi nomor ponsel. Saran nih. Minimalkan informasi yang di-share di Internet, apalagi pada situs Web yang kurang meyakinkan. Saran lain, jangan pakai password dengan informasi dari biodata.

Komputer Lambat, Hardware Diganti
Ini tidak salah. Ketika software semakin canggih dan butuh hardware yang lebih kuat, memang upgrade bisa jadi jalan yang tepat. Tapi, komputer melambat bukan saja karena hardware yang tidak kuat mendukung lagi. Tapi, bisa karena ada program jahat yang sedang berjalan.

Program jahat itu biasanya berjalan tanpa sepengetahuan pemilik PC, tapi tetap menggunakan sumber daya komputer, seperti memori, prosesor, dan juga koneksi Internet. Ingat mitos “Cuek... Isi Komputer Tidak Ada yang Penting”. Meskipun komputer Sobat isinya tidak penting, penjahat memanfaatkan komputer Sobat dengan menginstal program yang jalan diam-diam tersebut. Program itu, bikin komputer lambat. Bukan hanya komputer yang jadi lambat, koneksi Internet pun demikian.

Jadi, tidak ada salahnya setiap beberapa waktu sekali scan-lah komputer —tentu saja dengan antivirus dan sistem operasi yang sudah di-update.

Suka dengan postingan berjudul Mitos Seputar Keamanan Komputer? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

22 Responses to "Mitos Seputar Keamanan Komputer"

  1. yah kebanyakan seperti itulah orang menggunakan komputer,,, yah kita maklumi juga pengetahuan komputer sangat minim dimiliki user pada umumnya.

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  2. saya sendiri terkadang seperti itu menggunakan komputer sobat...

    BalasHapus
  3. bener gan
    padahal saya dh install antivirus yg katanya terbagus tpi tetep aja kebobol virus

    BalasHapus
  4. Saya juga setuju sama mitos tersebut sobat

    BalasHapus
  5. Kalau menurut saya bukan mitos,penjelasan diatas sangat penting buat kita, jgn dianggap sepele,klw masalah keamanan ya tetap harus dipakai,tapi semua ada kuranglebihnya,daripada tdk sama sekali,bukan bgitu sob?

    BalasHapus
  6. pengen punya pc maximizer cari lisensi yg gratisan kok susah amat yaa om.. :(

    BalasHapus
  7. info yang bermanfaat sob,sekalian follow sob.follow balik ya sob.ditunggu

    BalasHapus
  8. keamanan pada komputer sangat penting malah ya sob, kalo enggak bisa bahaya, bisa ngembet ke yg lain2 nya, dan harus diupdate juga kl gak ujung2 nya kompi bisa ganti hardware, kl udah gitu bisa nguras isi kantong deh, wew :D

    BalasHapus
  9. Saya juga termasuk user only kalau pakai komputer, tapi tetap berusaha maintain dengan baik. Kalu perlu up date ya di up date, scan juga scr teratur. Gak bisa kalau cuek sama komputer, kalau rusak bisa puyeng deh

    BalasHapus
  10. Banyak cara kok menjaga komputer pc atau laptop dalam keadaan prima. Kalopun terdapat masalah-masalah diatas ya kalo untuk Saya pribadi mungkin tidak begitu risau, tapi kalo komputer pembisnis besar sudah beda cerita. Nice share sob.

    BalasHapus
  11. Waooo tips yang sangat menarik,kayaknya saya masuk dalam kategory 100 persen dalam mitos -mitos diatas,wah...musthi ganti mindset donk...

    BalasHapus
  12. wahh, manteb nih sob artikelnya :)

    BalasHapus
  13. Mantap juga nih sobat :-)

    thanks yups... salam semangat

    BalasHapus
  14. Nice post gan... ^_^

    salam kenal ya

    BalasHapus
  15. Memang komputer butuh perawatan lebih.

    BalasHapus
  16. Pelajaran nih, laptopku jarang aku scan. Aku anggap enteng aja padahal bisa merugikan ya. Aduuh... thanks infonya

    BalasHapus
  17. sekali install selesai aku sering gtu hehehe paling antivir aja yang diupdate rutin :P

    BalasHapus
  18. Bener banget tuh. Kita harus selalu waspada untuk melindungi PC kita.

    BalasHapus
  19. wah kayaknya kbetuln sya yg bgtu kawan......
    gmn dong........???

    BalasHapus
  20. terkadang ada benernya juga gan.

    BalasHapus
  21. nice blog........
    I really appreciate this post. I’ve been looking everywhere for this! Thank goodness
    I found it on Bing. You have made my day! Thank you again!
    Keep posting.

    please visit Main Page TaxWiki

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger