Supaya Anda Tidak Nyanyi Lupa Lupa Lupa Lagi Passwordnya


KeePass Password Safe 
Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh pemilik kredensial adalah banyaknya jumlah akun yang berbeda yang dimilikinya. Jika setiap akun ini ia harus mengingat-ingat kredensial yang berbeda-beda, yang sering terjadi adalah hal yang konyol, seperti lagu yang dinyanyikan oleh Kuburan, namun dalam kasus ini yang dilupakan bukan lupa syairnya, tetapi lupa passwordnya. Dimana pemilik akun terproteksi oleh dirinya sendiri dan tidak dapat mengakses akun karena lupa akan passwordnya. Apalagi banyak saran dari pengamat sekuriti yang menyarankan para pemilik akun mengganti passwordnya secara berkala, makin bingung lagi .... password akun ini yang mana yah? Karena itu banyak pemilik password memilih jalan pintas dengan menggunakan satu password yang sama untuk semua akunnya. Hal ini bisa menjadi bencana besar karena satu password yang sama akan dapat digunakan untuk mengakses semua akun. Dunia maya menyebabkan banyak masalah, tetapi dunia maya juga memberikan solusi atas masalah. Salah satu solusi yang mujarab dan aman untuk menghadapi masalah ini adalah program Password Manager. Program ini cukup banyak tersedia, baik versi komersial maupun versi gratis. Pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan satu program open source yang gratis tetapi cukup handal dan aman dalam mengelola kumpulan kredensial anda. 


KeePass Password Safe merupakan program manajemen password yang berfungsi untuk menyimpan semua kredensial anda dengan aman sehingga anda tidak perlu mengingat semua password dan hanya perlu mengingat satu master password. Untuk menambah keamanan, selain menggunakan master password untuk mengakses database password anda KeePass juga dilengkapi dengan enkripsi AES, Rijdael dan Twofish sehingga sekalipun data file password anda jatuh ke tangan orang lain, akan sangat sulit bagi penemunya untuk membuka file tersebut. Selain fitur pengamanan yang mumpuni dan kenyamanan untuk tidak perlu mengingat password, KeePass juga dapat memberikan perlindungan tambahan karena anda tidak perlu mengetikkan Username dan Password tetapi hanya perlu melakukan [Copy] dan [Paste] dari KeePass. Program KeePass dapat di unduh dari http://keepass.info/download.html dan meskipun versi resminya hanya tersedia untuk pengguna Windows, tersedia port untuk menggunakan database KeePass yang sama di Iphone / Ipad, Android, Blackberry, Windows 7 dan Palm. 

Bagi anda yang ingin mengunakan KeePass dalam Bahasa Indonesia, tersedia paket Bahasa Indonesia dan tetap dapat di unduh secara gratis dari http://keepass.info/translations.html


Salam dan semoga bermanfaat

Suka dengan postingan berjudul Supaya Anda Tidak Nyanyi Lupa Lupa Lupa Lagi Passwordnya? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra Blogger langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

16 Responses to "Supaya Anda Tidak Nyanyi Lupa Lupa Lupa Lagi Passwordnya"

  1. iya neh bang ane punya pwd kececer,,, ampe 15 pwd...
    kalo ga di catet bisa lupa tuh...
    bagus neh tipsnya

    BalasHapus
  2. mampir-mampir ke blog ane jga y...


    http://www.chase-on.co.cc/

    BalasHapus
  3. om hendra,, bagus tuh isi blognya ,,
    tapi sayang, bahasanya kalo menurut aku tuh resmi banget,,

    hehehehe

    BalasHapus
  4. otentikasi yang mengesankan
    kunjungan siang hari yang panas

    BalasHapus
  5. @aii roudotul: Hmm....

    @Ahmad Saadillah: Makasih kunjungannya. Semoga bisa mendapatkan kesejukan telah mampir dimari.. hehee.. :D

    BalasHapus
  6. sekedar saran coba isi postingnya lebih di singkat lagi,, jelas pada dan singkat hehe :D

    BalasHapus
  7. @Awell Hooligan:
    OK gan, makasih sarannya.

    BalasHapus
  8. sangat bermanfaat nih kayaknya tapi ane lebih suka yang manual sajalah, alias nyatet di buku tulis :D

    BalasHapus
  9. mantabs tipsnya, ane juga sering lupa ama password, trims sobat

    BalasHapus
  10. Saya gk prnh pake, coz gk ngerti pakenya. Hehehe.

    BalasHapus
  11. betul sob keberadaan password sangat penting tidak bisa tidak, hanya sering juga karena lupa passwor kena blokir sendiri akhirnya. nice info

    BalasHapus
  12. iia nii.. kadang kita saking banyaknya akun.. paswot jadi bertebaran dimana-mana.. kadang kita lupa dsb.. dengan bgini.. jadi lebih terorganisir nih.. makasii kang inpo nya iia ;)

    BalasHapus
  13. Infonya keren mas ditunggu follow dan komentarnya di http://blog.teliti.net/

    BalasHapus
  14. Kebetulan saya banyak password, mungkin ini solusinya.
    makasih sob.

    BalasHapus
  15. judulnya koplak juga gan..:D
    tp makasih nih infonya.. biasanya ane pake notepad gan.. tp biasa dibuka temen2 ane jadi ketahuan deh password ane..-_-

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger