Hadiah Tahun Baru dari “Sony Xperia”

Meminjam iklan minuman ringan, “Apapun OS-nya, Facebooknya bisa dieksploitasi” terbukti kembali di awal tahun 2013. Kalau di tahun-tahun sebelumnya “hadiah” tahun baru malware datang dalam bentuk aplikasi yang menginfeksi OS Windows, di tahun 2013 ini hadiah tahun baru dari pembuat malware tidak lagi dalam bentuk aplikasi yang hanya diaktifkan dari OS Windows saja. Tetapi juga dapat diaktifkan oleh pengguna OS lain. Dan kabar buruknya, aplikasi tersebut juga sudah mengikuti jaman dan disebarkan melalui jaringan sosial paling populer sejagad dengan akun lebih dari 1 milyar, Facebook. Lebih tepatnya lagi disebarkan melalui group Facebook.

Ada 3 pesan yang menurut pantauan digunakan sebagai thema untuk “memikat” korbannya :


  • Instal tampilan facebook 2013 disini http://kronologi-2013.webng.com/, Pastinya tampilan facebook kalian jauh lebih keren..
  • Parah banget , lagi2 pejabat gelo.. mesum sama anak smu.. tonton videonya disini gan -----> http://pejabatmesum.c**-goes.com/ <----- tonton Gratis , sebelum di hapus 100%.
  • Succees auto add,auto like, auto follow and update status via blackberry android, Website auto Like : http://likeku.blogspot.com/ <----- gratis 100%. (lihat gambar)



Aksi malware ini berhasil memakan korban ribuan orang di Indonesia dan hebatnya, malware ini dapat dikategorikan sebagai malware lokal karena memang menggunakan bahasa Indonesia dan menyebar di group-group Facebook berbahasa Indonesia. Karena sifat malware ini yang tidak menginfeksi OS komputer yang menjadi korbannya, maka program antivirus mengalami kesulitan untuk mendeteksi malware ini. Namun, daripada panik tidak karuan, tentunya lebih baik kita tenang sejenak dan mengamati dengan seksama bagaimana cara kerja dan teknik malware ini.


Benang merahnya Xperia Smartphone
Jika kita teliti lebih cermat pesan-pesan yang ditampilkan oleh malware “Autolike” ini, terlihat ada satu benang merah (kesamaan yang menghubungkan) dari semua pesan pada gambar di atas. Semua pesan di group tersebut bukan dipostingkan oleh pemilik akun yang bersangkutan, melainkan dipostingkan oleh aplikasi Facebook dengan nama “Xperia Smartphone from Sony”. Dan uniknya, pesan spam yang dipostingkan tanpa sepengetahuan pemilik akun ini hanya dipostingkan melalui group-group Facebook dan posting dilakukan dengan terukur dan bukan spamming. Kemungkinan hal ini dilakukan untuk tidak menimbulkan kecurigaan dari administrator Facebook yang akan berakibat pada ban/ penghapusan aplikasi ini dari Facebook. Untuk analisa lebih jauh tentang aplikasi “Xperia Smartphone from Sony” dan motivasi penyebaran malware ini selain mendapatkan like yang banyak di Facebook akan diberikan pada artikel sembungan dari artikel ini. Artikel ini akan membahas hal yang dianggap sangat penting seperti bagaimana teknis malware ini sampai bisa melakukan posting atas nama akun Facebook korbannya dan cara mengatasi dan membasmi malware ini jika akun Facebook anda sudah berhasil diinfeksi.

Cara infeksi
History repeated itself, sejarah selalu berulang, begitu kata pepatah. Hal ini juga berlaku pada malware autolike ini. Sebenarnya untuk terinfeksi malware ini dan sampai akun Facebook anda bisa digunakan oleh pembuat aplikasi jahat ini “cukup sulit”. Malware autolike ini ibaratnya “virus” di dalam dunia pervirusan dan bukan “worm”. Seperti kita ketahui, worm dapat secara otomatis menginfeksi komputer dan virus tidak dapat menginfeksi komputer secara otomatis dan membutuhkan bantuan pihak ke tiga (manusia) untuk menjalankan/mengklik file virus supaya bisa aktif dan menginfeksi komputer. Lalu bagaiman akal-akalan pembuat virus supaya korbannya mau menjalankan virusnya? Tentunya dia tidak mengaku sebagai virus dan berkata :

Coy, klik gua dong kalo elu punya nyali, gua ini virus yang baik kok, paling-paling gua format komputer elu.

Sebaliknya, ia akan berpura-pura sebaga satu file/aplikasi yang tidak berdosa dengan icon seperti “folder”, file MS Office atau file yang dapat menarik perhatian para pengguna komputer (umumnya laki-laki) seperti “sex.mpeg”, “love.jpg”, “beauty.jpg” atau mencatut nama artis seperti “Agnes_monica_sexy.jpg” atau “Tessy_sexy.jpg” (kayanya belum ada yah ).

Demikian pula dengan malware autolike ini, meskipun anda mengklik link yang ditampilkan dalam pesan Facebook tersebut, anda hanya akan diantarkan pada situs yang telah dipersiapkan dan akun Facebook anda tidak akan langsung terinfeksi/mempostingkan pesan di group yang anda ikuti tanpa sepengetahuan anda. Facebook sudah cukup berpengalaman dalam kasus-kasus malware sebelumnya dan sudah melakukan tindakan pencegahan dan mencegah posting otomatis atas nama pemilik akun secara otomatis tanpa ada persetujuan. Jadi ada proses verifikasi yang harus anda lakukan dan “hanya” setelah proses ini dilalui baru aplikasi yang telah dipersiapkan terlebih dahulu dapat melakukan posting atas nama akun korbannya.



Dalam hal ini iming-iming yang diberikan bukannya gambar agnes Monica atau Tessy sexy, melainkan janji menjadi populer dan mendapatkan like yang banyak. Dan untuk itu pemilik akun harus melakukan langkah yang menurut pantauan cukup rumit (untuk ukuran orang awam). Tetapi walaupun langkahnya cukup rumit, namun nyatanya korbannya mencapai angka 2-3 ribuan akun yang berhasil di infeksi sampai tanggal 6 Januari 2013. (lihat gambar)


Gambar: Situs promosi autolike yang masih aktif dan menjanjikan popularitas bagi yang mengaktifkan

Gambar: Proses infeksi autolike membutuhkan input “token” manual dan tidak dapat berjalan otomatis

Pada kedua gambar di atas, dua situs yang menjanjikan autolike memberikan petunjuk bagaimana mengambil “token” (copy and paste) yang sebenarnya merupakan proses pengamanan yang di implementasikan oleh Facebook untuk melindungi pemilik akun dan proses tersebut harus dilakukan secara manual dan tidak dapat berjalan secara otomatis. (lihat gambar di bawah)


Selain proses pengaktifan token, pemilik akun Facebook juga harus menginstal satu aplikasi tambahan dengan nama “Xperia Smartphone from Sony” dan memberikan right / hak kepada apps ini untuk melakukan posting menggunakan akun FB. (lihat gambar)


Jadi, melihat rumit dan panjangnya proses aktivasi autolike ini, sebenarnya cukup mengherankan kalau malware autolike ini bisa memakan korban banyak, Namun kenyataannya berkata berbeda. Jika anda bertanya-tanya apakah aplikasi ini benar aplikasi resmi dari Sony dan mengapa Facebook belum menonaktifkan aplikasi jahat ini? Jawabannya akan anda dapatkan pada artikel kedua yang akan membahas lebih jauh tentang aksi malware ini. Berikut ini cara untuk menghilangkan aplikasi ini dari akun Facebook anda.


Cara mengatasi autolike
Jika anda bertanya bagaimana mencegah agar tidak terinfeksi oleh malware autolike Facebook, jawabannya simple. Jangan lakukan 3 langkah di atas :

  1. Mengklik tautan yang ditampilkan oleh malware.
  2. Melakukan proses instalasi “Token” yang sebenarnya membypass pengamanan akun Facebook anda.
  3. Menginstal aplikasi yang tidak diketahui kegunaannya dan meminta hak untuk mengakses data akun Facebook anda dan melakukan posting dari akun anda.
Jadi kalau anda bisa menghindari “salah satu” saja dari persyaratan di atas, kemungkinan besar anda tidak akan menjadi korban dari malware autolike ini. Tetapi, jika akun anda sudah terinfeksi dan hal ini dapat dibuktikan dengan akun anda melakukan posting pesan seperti gambar 1 dan 2 di atas pada group-group yang anda ikuti, anda pelru mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus aplikasi jahat tersebut. Sedangkan untuk pesan yang sudah anda postingkan ke group yang anda ikuti, sebaiknya anda segera menghubungi administrator group untuk menghapus pesan tersebut.


Adapun langkah untuk menghapus apps jahat yang melakukan posting menggunakan akun FB anda adalah sebagai berikut :

Login ke akun Facebook anda, masuk ke menu [Pengaturan Privasi] dengan mengklik roda gerigi (lihat gambar).


Klik [Aplikasi] pada menu sebelah kiri untuk membuka menu “Pengaturan Aplikasi” (lihat gambar)


Pada menu Pengaturan Aplikasi, pada aplikasi dengan nama “Xperia Smartphone From Sony” klik tanda silang dan jika mendapatkan layar konfirmasi, ingat untuk centang pada kotak kecil dengan pilihan “Hapus semua aktivitas Xperia Smartphone from Sony Anda di Facebook" dan klik tombol [Hapus]. (lihat gambar)


Suka dengan postingan berjudul Hadiah Tahun Baru dari “Sony Xperia”? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

12 Responses to "Hadiah Tahun Baru dari “Sony Xperia”"

  1. wealah ada toh yang begituan om?
    tapi asyik juga tuh dapet like like an :D

    BalasHapus
  2. wah, makasih y gan infonya..
    coba dulu deh :)

    BalasHapus
  3. penjelasannya mantap gan,untung ane lom sempat jadi korban,hahahay,maturnuwun atas infonya

    BalasHapus
  4. Saya baru tau..
    Makasih infonya sob :D

    BalasHapus
  5. ouu ini toh yg dimaksud virus xperia itu. Knp ya pake nama xperia from sony?
    Smoga ga ada lg korban2 berjatuhan. Makasih ya, infonya komplit bgt. Kutunggu info slanjutnya ^^

    BalasHapus
  6. iya makasih artikelnya baru aku tahu, ternyata group fbku terkena juga klo begitu

    BalasHapus
  7. hhmm pantesan aja di grup2 aku itu selalu saja ada orang2 yang upstat kaya gitu (pic 1), aku kira itu spam ...

    BalasHapus
  8. emang kenapa tuh dengan aplikasi itu? bawa virus ya..thanks deh info nya

    BalasHapus
  9. infox lengkap banget sob...,makasih ya.. emank sdh bbrp minggu ini ada spam gaya baru di facebook, spam yg bs mengaupdate status otomatis yg isix mempromosikan situs porno... *smile

    BalasHapus
  10. Hacc, terimakasih sudah dikujungi Reviewnya akan segera dilaksanakan...Siiip tunggu aja lima menit lagi he,,he,,justru ane terlambat bikin personal blognya,kalah mantab ama punya luu Hacc, salam buat keluarga dirumah..

    BalasHapus
  11. Wah kalau gitu kita harus makin berhati2..

    BalasHapus
  12. makin banyak aplikasi jahat yah...

    musti hati2 nih

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger