Mengenal Aviary “Startup” di Balik Filter Foto Twitter


Tepat satu hari setelah Instagram menghentikan dukungannya terhadap teknologi Twitter Cards, versi terbaru Twitter hadir dengan filter foto. Untuk menghadirkan filter foto itu, Twitter menggandeng sebuah startup berumur lima tahun, Aviary.

Pasca dihentikannya dukungan terhadap teknologi Twitter Cards, kini foto dari Instagram yang di-share ke timeline Twitter hanya tampil sebagai URL, bukan foto seperti sebelumnya. Maka dengan adanya kerjasama antara Twitter dan Aviary, kini pengguna bisa langsung memoles foto dengan  filter yang disediakan situs microblogging itu dan mengunggahnya langsung ke timeline.

Aviary merupakan startup penyedia Software Development Kit (SDK) mobile, yang digunakan Twitter untuk menambahkan tool pengeditan aplikasi Android dan iPhone-nya.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Aviary, Avi Muchnick, perusahaan itu ternyata telah bekerjasama dengan Twitter selama beberapa bulan untuk menghadirkan filter foto terbaru itu. Saat ini, Aviary yang telah memiliki 21 karyawan sejak 2007 itu, sedang menyiapkan sebuah statistik website-nya untuk memperbaharui jumlah foto yang telah diedit di Aviary. Aviary memiliki 25 juta pengguna aktif bulanan dan bermitra dengan 2.500 aplikasi seperti Flickr, Yahoo Mail, Imgur, Twitpic, Shopify, RockMelt, dan MailChimp.

Aviary memulai bisnisnya sebagai tool berbasis web sebelumnya meluncurkan Application Programming Interface (API) efek foto pada Mei 2012 lalu dilanjutkan dengan SDK mobile pada September 2012. Tahap pengembangan itu yang membantu Aviary bekerjasama dengan ribuan mitra, termasuk Twitter.

Selain itu, Aviary juga merilis sebuah aplikasi untuk Facebook pada Januari 2012, yang bisa digunakan untuk mengedit  foto Facebook.

Hasil kerjasama Twitter dan Aviary melahirkan filter foto untuk aplikasi Twitter for iPhone dan Twitter for Android. Untuk saat ini, terdapat delapan filter yang disuguhkan di Twitter untuk mempermudah hasil jepretan, selain itu para pengguna juga dapat melakukan zoom foto, cropping, dan koreksi warna.

Hadirnya filter foto ini tentunya menyinggung keputusan Instagram yang berhenti mendukung teknologi Twitter Cards. Juru bicara Twitter pun menegaskan bahwa diluncurkannya filter foto di Twitter tidak ada kaitannya dengan keputusan Instagram tersebut.

PS: Tulisan ini diambil dari berbagai sumber.

Suka dengan postingan berjudul Mengenal Aviary “Startup” di Balik Filter Foto Twitter? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

11 Responses to "Mengenal Aviary “Startup” di Balik Filter Foto Twitter"

  1. trmksi bang dah mau berbagi. smga makin sukses'j bang

    BalasHapus
  2. #Brebes VS Lamongan: Makasih kunjungan & komentarnya. ;)

    BalasHapus
  3. ternyata cuma buat iPhone dan Android ,,, :-d

    BalasHapus
  4. wah ga bisa buat BB yah hihi...,makasih infonya sob

    BalasHapus
  5. Mantab semua Artiklenya bangk
    ,, cuman share aja
    salah satu cara dapat backlink gratis yaitu join di forum serta posting artikel di forum sertakan link kita. Join forum ini http://forum.hotforexs.com/showthread.php?tid=4.

    BalasHapus
  6. wah, info yang keren dan juga template yang sama @@,

    BalasHapus
  7. hmmm, ane baru tau neh, blm sempet ngutak ngatik soalnya ... lanjut ngoprek neh ... thanks

    BalasHapus
  8. makin keren donk kalo gitu...
    :D

    BalasHapus
  9. sayang banget ni cuma mendukung iPhone dan Android

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger