Facebook Graph: Mesin Pencari Ala Facebook


Bulan Januari 2013 lalu Facebook telah meluncurkan Facebook Graph search, sebuah fitur pencarian di Facebook yang lebih mapan dari fitur pencarian Facebook yang selama ini ada. Fitur tersebut saat ini masih dalam tahap Beta (uji coba) dan baru dinikmati secara terbatas.

Langsung, banyak yang berpendapat bahwa ini menjadi “perang terbuka” antara Facebook dan Google. Wilayah pencarian yang selama ini dikuasai oleh Google, coba dimasuki si raja social network, Facebook. Benarkah Facebook Graph akan mampu mengalahkan search engine Google?

Facebook graph menawarkan pendekatan yang berbeda dengan search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing. Jika search engine mengatur hasil pencarian berdasar algoritma yang telah disusun sedemikian rupa untuk menampilkan hasil pencarian web paling relevan, sedang pada facebook Graph algoritma pencarian didasarkan pada lingkup hubungan anda di facebook (pertemanan, like, place, dst) dan informasi yang anda sharing-kan. Singkatnya, jika di Google, setiap orang akan mendapatkan hasil pencarian yang sama, sedangkan di Facebook hasil pencarian yang muncul bisa berbeda.

Di Facebook social graph, nantinya anda bisa mencari misal “siapa saja teman yang hobi bersepeda”, “teman dari teman yang masih single di Yogya”, “acara TV apa yang suka ditonton teman”, “lulusan akuntansi tahun 2013 di Bali”, dan sebagainya.


Jadi, jika pertanyaan Mampukah Mesin Pencari Facebook Graph Membunuh Merontokkan Mesin Pencari Google? Saya kira jawabannya dalam jangka dekat ini tidak. Dan keduanya “bermain di wilayah yang berbeda”.

Yang pasti lagi, Google pun tak akan tinggal diam. Dengan produk mesin pencari yang selama ini menjadi andalannya, Google akan terus mengembangkannya untuk mempertahankan bisnisnya selama ini.

Bagaimana menurut pendapat anda?

Suka dengan postingan berjudul Facebook Graph: Mesin Pencari Ala Facebook? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

14 Responses to "Facebook Graph: Mesin Pencari Ala Facebook"

  1. jika itu memang terjadi, seperti anda katakan bahwa google tak akan pernah ingin dipecundangi. lihatlah, bagaimana yahoo dan bing bergabung, tetap aja google menjadi raja. terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  2. Kalau menueurt saya tetep google yang akan menjadi penguasa search engine....

    BalasHapus
  3. wow facebook makin menggila kerennya. tapi saya udah pensiun .
    facebook di google nomor 1 karena facebook PR 9 .. mungkin juga sih :D :D .

    BalasHapus
  4. facebook dan google keduanya saling melengkapi

    BalasHapus
  5. terima kasih atas infonya gan :). mampir balik ya ;)

    BalasHapus
  6. hahahah makasih dh mampir ke Babloglo mas,,
    ah mas hacc bisa aj...makasih doa nya mas....
    tpi lbih hebat mas, pengiklannya dh bnyak..
    bagi2 dunk..hahahah..bcnda kok mas..

    BalasHapus
  7. .. kalo perank kayak gitu. kira^ sapa ya yg menang?!? kalo aq sich pegang google. cz udah berpengalaman banget. he..86x ..

    BalasHapus
  8. keren nih, tapi aq kok nggak pernah make yak? :p

    BalasHapus
  9. Semoga kedua engine bisa saling melengkapi, kemudian seluruh user bisa saling menikmati ... akhirnya kedamaian akan bersemi di jagad maya, terima kasih sudah berbagi Mas

    BalasHapus
  10. wah, makin lama facebook makin ngacir nih... :v

    BalasHapus
  11. Nice artikel...
    i like this...
    kunjungi blog ku ya Sobat Hendra.. :)

    BalasHapus
  12. facebook memang super duper kerenn (y)

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger