Cara Mengubah Dokumen ke Video


Kali ini saya akan berbagi trik Cara Mengubah Dokumen ke Video setelah pada postingan terdahulu saya share Trik Mempresentasikan Video dengan PowerPoint.

Untuk dapat menampilkan presentasi dengan PowerPoint, minimal dibutuhkan komputer beserta proyektor sebagai penampil. Namun perangkat-perangkat itu mahal sehingga jarang ditemui di sembarang tempat. Sebaliknya, TV dan VCD/DVD player lebih sering kita jumpai di banyak tempat.

Sebagai solusi, sobat dapat mengubah presentasi PowerPoint menjadi VCD/DVD dengan salah satu trik ini.

Pertama, gunakan software screen recording seperti Camtasia Studio dari TechSmith. Software ini akan merekam semua aktivitas yang ditampilkan pada layar monitor, gerakan kursor mouse sampai efek suara. Caranya cukup mudah seperti menggunakan trik kamera video. Sobat dapat mengunduh software ini disini. Setelah itu, hasil rekamannya dapat sobat edit atau ubah menjadi VCD/DVD dengan software pembakar seperti Nero Burning ROM.

Kedua, menampilkannya dalam bentuk VCD/Picture Slide Show. Bentuknya hanya sebatas menampilkan gambar, seperti presentasi dengan slide proyektor. Keuntungannya, pemrosesannya sederhana, mudah, cepat, dan gratis. Namun animasi dan suara yang sobat buat pada PowerPoint, termasuk efek animasi dan suarannya akan hilang. Cara melakukan trik ini sebagai berikut:
  1. Buka file presentasi sobat.
  2. Simpan file dalam format gambar .BMP, .JPG, .TIFF, .GIF, .PNG, atau .WMF, dengan mengklik File > Save As, lalu pilih Save as type dengan salah satu format gambar, dan tekan Enter atau klik Save.
  3. Pilih Every Slide untuk menyimpan semua slide dalam format .BMP.
  4. Akan muncul informasi di mana slide-slide tersebut telah disimpan. Klik OK atau tekan Enter.
  5. Sobat boleh menambahkan efek suara atau musik pengiring. Impor gambar-gambar tersebut ke Windows Movie Maker. Dari situ, sobat bisa menambahkan efek suara atau musik atau musik koleksi sobat.
  6. Seret slide secara berurutan ke kotak-kotak Story Board di bawah. Kemudian ubah storyboard menjadi timeline dengan menekan ikon timeline pada pojok kiri atas dari storyboard. Seret file sound effect pada bar bagian suara, atau bisa juga sobat merekam suara sobat sendiri untuk menjelaskan isi slide tersebut dengan menekan ikon mic.
  7. Atur waktu tayang setiap slide, sesuaikan dengan suara atau narasi sobat.
  8. Setelah selesai, simpan dalam format video dengan mengklik Save Movie, dan pilih High Quality.
  9. Sekarang, buat file-file tersebut menjadi VCD dengan software pembakar seperti Nero Burning ROM. Jalankan aplikasi ini, pilih Video CD dan klik tombol New. Seret file-file bmp tadi ke dalam daftar kompilasi VCD sobat.
  10. Klik Burn > Burn untuk memulai pembuatan VCD.

Pada trik ini sebaiknya gunakan format .TIFF atau .BMP agar kualitas gambar tampil baik tanpa kompresi. Lagipula nantinya file presentasi sobat akan disimpan pada media CD yang kapasitasnya cukup besar.

Selain cara di atas, sobat juga bisa menggunakan software PowerPoint to DVD. Trik yang ini sangat mudah dengan kualitas bagus dan prosesnya cepat. Sayang, harganya cukup mahal. Ada beberapa software lain yang bisa sobat cari dan unduh versi trial-nya. Salah satunya dari situs http://www.topshareware.com/PowerPoint-DVD-Maker-download-14502.htm. Software ini bersifat shareware, dengan harga $149 USD per lisensi.

Kelebihan PowerPoint to DVD Maker ialah kemudahan pengoperasiannya. Sobatcukup mengikuti 3 langkah mudah: masukkan file-file dokumen PowerPoint, buat menu utama dari template yang ada, dan klik tombol Make DVD. Cukup mudah bukan?

Dari beberapa pilihan cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Suka dengan postingan berjudul Cara Mengubah Dokumen ke Video? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

13 Responses to "Cara Mengubah Dokumen ke Video"

  1. Wow.. keren tips & triknya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya \m/

    BalasHapus
  2. kunjungan perdana...ikut nyimak, d tunggu kunjungan baliknya ~x(

    BalasHapus
  3. Wow keren artikelnya bang, @@, ..

    Ditunggu kunbalnya \m/

    BalasHapus
  4. akhirnya saya menemukan apa yang saya cari, membuat dokumen menjadi video...terimakasih kawan sudah berkenan berbagi :)

    BalasHapus
  5. Best Free Premium Blogger,Blogspot Templates for your blog.Latest High Quality Free Premium Blogger Templates,Themes,Layouts Free Download To Change Your Blogger Template Free download blogger template

    BalasHapus
  6. Postingan yang bagus, nambah pengetahuan... terima kasih share nya,
    oh iya, salam kenal yaa

    BalasHapus
  7. Wah gag nutut rasanya kalau harus mempelajari ilmu2 yg baru saya tau..
    Hhmm.. ^^ Nice post bro

    BalasHapus
  8. mantep nih tips nya, bisa dicoba dong :)

    BalasHapus
  9. mantep banget infonya sob, trims yah bisa tak coba nih

    BalasHapus
  10. kalau tutorial ke video gmn kang iia..?!??! nyari2 nii saiia nya ;(

    BalasHapus
  11. Asik nih buat presentasi mas,..makasih ya, sukses

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger