Cara Menggunakan EFS Untuk Enkripsi Data

Setelah beberapa hari tidak bisa posting artikel disebabkan koneksi internet yang lelet bin lemot. Pada kesempatan kali ini, mumpung koneksi lagi kencang saya akan share Cara Menggunakan EFS Untuk Enkripsi Data.

Salah satu cara melindungi data adalah dengan mengenkripsi data agar terjaga dan tetap aman. Jika data penting anda di komputer tidak dienkripsi, siapa pun bisa mengaksesnya dengan mudah meskipun mereka tidak memiliki password anda. Jadi sangat penting bahwa anda perlu menggunakan beberapa bentuk enkripsi untuk mengamankan data yang dianggap penting.

Pada Windows 7 telah menawarkan fitur enkripsi disk penuh, Bitlocker, tapi sayangnya ini hanya tersedia pada edisi Ultimate atau Enterprise. Sedang user yang menggunakan Windows 7 lainnya harus mencari alternatif jika mereka ingin memiliki enkripsi disk yang serupa. TrueCrypt akan menjadi produk yang sangat baik untuk dipertimbangkan.

Jika versi Windows 7 anda tidak mendukung BitLocker atau anda tidak ingin menggunakan software enkripsi pihak ke-3 seperti TrueCrypt. Sayangnya EFS yang merupakan singkatan dari Encrypting File System, tidak didukung di Windows 7 versi Home Basic dan Home Premium.

Untuk bisa menggunakan EFS pastikan partisi anda diformat sebagai NTFS dan berjalan pada Windows 7 Professional ke atas, anda dapat menggunakan pilihan ini untuk mengamankan data anda.

Langkah-langkah mengenkripsi data sebagai berikut:
1.    Klik kanan pada folder atau file yang ingin anda enkripsi, pilih Properties.
2.    Kemudian, klik tombol Advanced untuk membuka jendela Advanced Attributtes.


3.    Centang pilihan “Encrypt contains to secure data” untuk mengamankan data, dan tekan OK à Apply à OK.


4.    Selesai, dan data anda telah terenkripsi.

Bagaimana mengetahui apakah folder atau file terenkripsi? Semua folder atau file yang berhasil dienkripsi akan ditampilkan dengan warna hijau.




Jika anda ingin mendekripsi folder/file cukup hilangkan centang “Encrypt contains to secure data”.

Semoga Bermanfaat!

Suka dengan postingan berjudul Cara Menggunakan EFS Untuk Enkripsi Data? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

8 Responses to "Cara Menggunakan EFS Untuk Enkripsi Data"

  1. salam, bermanfaat sekali boss infonya untuk self defence.
    terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. Sangat berguna sekali, thanks !

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat infonya sob!

    BalasHapus
  5. saran yang bagus untuk dicoba sobat :-)

    BalasHapus
  6. wah, infonya bermanfaat nih sob, untuk encrypted dan sekaligus menjaga privasi

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger