Cara Mengubah Flash Jadi DVD di Linux

Masih seputar video editing, kali ini saya akan share Cara Mengubah Flash Jadi DVD di Linux setelah pada postingan yang lalu telah membahas Cara Mengubah Dokumen ke Video.

FFMPEG merupakan aplikasi konversi format audio dan video hebat yang terintegrasi di Linux Ubuntu. Aplikasi gratisan ini bahkan bisa mengonversi beberapa format yang tak bisa dilakukan program lain.


Misalnya, mengonversi video Flash dalam format .Flv ke format MPEG-2 untuk dapat dimainkan pada DVD. Untuk mengonversi, sobat cuma perlu mengetikkan perintah berikut:
"ffmpeg -i samplevideo.flv -target ntsc-dvd samplevideo.mpg".
Setelah itu, sobat tinggal memakai K3b untuk menuliskan file mpg ke dalam DVD.

Untuk menghasilkan format PAL, gunakan "-target pal-dvd". Untuk format layar lebar, gunakan "target-film-dvd". Kebanyakan Flash video memiliki resolusi sangat rendah, dengan ukuran layar 360 x 270, misalnya. Sobat mungkin akan melihat gambar yang agak pecah atau blur jika sobat mengubahnya menjadi 720 x 480 (yang merupakan ukuran standar NTSC).
Sobat juga dapat menggunakan GUI WinFF dan tambahkan perintah seperti di atas sebagai "Preset" untuk memudahkan penggunaan berikutnya. Contoh:

Klik "Edit > Presets > Video converter (WinFF) > Edit > presets" dan isikan:

Preset Name: Letterbox, Preset Label: 16:9 Widescreen to 4:3 Letterbox
Preset command: -target ntsc-dvd -s 648x364 -padleft 36 -padright 36 -padtop 58 -padbottom 58
Output file extension: mpg, > Category: DVD
Kalau sudah, klik "Add/Update > Save".

Selamat mencoba. 

Suka dengan postingan berjudul Cara Mengubah Flash Jadi DVD di Linux? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

9 Responses to "Cara Mengubah Flash Jadi DVD di Linux"

  1. Mantab gan ! ! @@,

    Sangat membantu buat ane yang yg newbie **p

    BalasHapus
  2. met mlm mas wah keren,ni mas ijin curi mas'y hehehe

    BalasHapus
  3. pokoke mantapsss lah
    walau gk pke linux
    hehehehe

    BalasHapus
  4. top gan @@,
    mantab,lanjutkan^^

    BalasHapus
  5. sobat tipsnya memang menarik, tapi aku tidak pakai linux, dan apakah aplikasi ini bisa jalan di W7 atau nggak ya...salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya bisa dipakai di Linux saja kang Hariyanto, tidak bisa di Windows.

      Hapus
  6. menarik gan nice share gak usah pake software ato aplikasi gitu ya gan?

    BalasHapus
  7. baca judulnya azh udah pusing, gituh baca..tambah ramudeng...maklum orang jaman batu, ngga ngerti yang beginian sayah mah kang.

    pokoknya salam sehat selalu dan sukses

    BalasHapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger