Search Engine Hijacker

Search Engine Hijacker adalah adware yang marak menginfeksi komputer-komputer di Indonesia khususnya bagi penggemar freeware dan hebatnya program adware ini terang-terangan menampilkan dirinya sebagai aplikasi legal. 

Dengan cerdik program adware ini mendapatkan persetujuan dari korbannya untuk menginstalkan dirinya ke komputer sehingga tidak melanggar hukum, karena itu program antivirus tidak memasukkan program ini ke dalam program berbahaya. 

Namun, aksi yang dilakukan adware ini mungkin akan membuat anda mengernyitkan kening, karena akan mengganti search engine default anda dan mengarahkan hasil search ke situs yang berbeda dengan search engine default anda.

Apabila anda pengguna komputer yang cukup aktif menginstal freeware atau aplikasi gratisan, sekalipun aplikasi freeware anda unduh dari situs yang memiliki reputasi cukup baik seperti download.com, ada kabar yang cukup mengejutkan bagi anda. Kemungkinan besar komputer anda mengandung adware yang diam-diam mengalihkan hasil search engine komputer anda tanpa anda sadari.

Sekalipun hal tersebut sudah berjalan cukup lama, kemungkinan korbannya belum menyadari karena tampilannya yang dibuat mirip dengan Google search yang digantikannya (lihat gambar). Dan hebatnya, hal ini bisa terjadi sekalipun komputer korbannya sudah dilindungi oleh program antivirus yang terupdate.

Search Engine Google

Delta-search yang memiliki tampilan mirip dengan Google Search

Mungkin anda bertanya-tanya, kok hanya mengalihkan hasil search engine saja dikategorikan sebagai dosa besar? Untuk itu, mungkin ada baiknya kita melihat contoh kasus DNSChanger yang salah satu aksinya adalah mengalihkan hasil pencarian komputer korbannya ke situs-situs yang diinginkannya, sebenarnya aksi yang dijalankan oleh Search Engine Hijacker ini persis dengan DNSChanger karena sama-sama mengalihkan hasil pencarian ke situs yang diinginkannya.

Bedanya, kalau DNSChanger melakukan hal ini dengan cara mengalihkan DNS komputer korbannya dan hal ini jelas-jelas melanggar hukum karena mengubah DNS tanpa sepengetahuan/persetujuan korbannya sehingga pelakunya jelas melanggar hukum dicokok oleh FBI dan tetap dikejar sampai ke Ukraina sekalipun.

Sebaliknya, aksi yang dilakukan oleh Search Engine Hijacker dilakukan dengan “persetujuan” korbannya. Hal ini dilakukan ketika korbannya menginstal freeware atau aplikasi lainnya.

Secara tidak disadari/tersembunyi, persetujuan untuk menginstal├» Search Engine Hijacker ini diselipkan dalam proses instalasi freeware yang secara default sudah ditick/centang terlebih dahulu atau tercantum dalam EULA, End User License Agreement (yang kebanyakan langsung klik Agree oleh mayoritas user). Karena itu, Search Engine Hijacker ini berani secara terang-terangan menjalankan aksinya dan bahkan memiliki situs resmi yang bisa anda kunjungi.

Hebatnya lagi, ia menginstalkan dirinya sebagai program resmi dan ada di Program and Features pada komputer anda. Inilah salah satu sebabnya banyak program antivirus tidak mengkategorikan software ini sebagai malware. Selain itu, sekalipun anda sudah melakukan uninstal atas program freeware yang menyebabkan instalasi Search Engine Hijacker tadi, hal itu tidak secara otomatis menguninstal program Search Engine Hijacker dan dalam banyak kasus usaha menghilangkan Search Engine Hijacker ini berujung pada kacaunya settingan browser yang menyebabkan error/hang pada browser.

Kembali ke topik utama, resiko atas pengalihan hasil search engine ini adalah : 
  1. Pencurian informasi (profiling tanpa izin) dari kegiatan pencarian yang dilakukan oleh korbannya.
  2. Pengalihan hasil pencarian ke situs-situs yang berbahaya dan mengandung malware, pornografi atau situs yang berpotensi melakukan kegiatan penipuan.
Perbandingan hasil search Google.com dengan delta-search.com

Untuk memberikan gambaran yang obyektif, penulis melakukan usaha pencarian/searching dengan Google.com dan membandingkan dengan delta-search.com. Kata kunci yang digunakan adalah “belanja online” Adapun hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Hasil search pada Google dengan kata kunci "belanja online"

Hasil search pada Delta-Search dengan kata kunci "belanja online"

Secara umum kualitas pencarian dari delta-search kurang berkualitas dibandingkan dengan Google.
  
Kiprah Search Engine Hijacker

Jika anda bertanya-tanya, seberapa jauh kiprah Search Engine Hijacker ini di dunia dan Indonesia. Anda bisa terkejut melihat performanya. Menurut Alexa, popularitas Delta-search bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


  
Delta-search diluncurkan akhir 2012, menurut Alexa, delta-search.com ternyata mampu menempati petingkat sangat tinggi di dunia dalam popularitas peringkat globalnya mengalahkan Wordpress.com, Microsoft.com, Instagram.com dan Pinterest.com. Di Indonesia, delta-search.com menempati petingkat 39, mengalahkan lazada.co.id, inilah.com dan tempo.co.

Hal ini setidaknya bisa memeberikan gambaran bagaimana popularitas delta-search.com dibandingkan dengan situs lainnya di dunia dan Indonesia. Sebenarnya bukan satu hal yang salah dan malahan bagus sekali kalau memang bisa mendapatkan peringkat yang bagus dan populer. Namun, jika hal tersebut dicapai dengan cara mengelabui korbannya, tentunya hal ini perlu diwaspadai dan para pengguna komputer perlu mengetahui hal yang sebenarnya terjadi pada komputernya.

Update :
*Untuk membersihkan Delta-Search ini, sobat bisa membuka artikel berjudul Cara Membersihkan Delta-Search Toolbar.

Suka dengan postingan berjudul Search Engine Hijacker? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

9 Responses to "Search Engine Hijacker"

  1. penting ini untuk diketahui... terima kasih sudah berbagi informasi boss.

    *** Selamat Berpuasa ***

    Salam.

    BalasHapus
  2. mantab sekali kang broow......

    BalasHapus
  3. ilmu yang bermanfaat neh,,
    kalo masalah yang beginian, aku belum ngerti.,
    trima kasih telah berbagi,
    blogku-yulia.blogspot.com

    BalasHapus
  4. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    BalasHapus
  5. info yang penting nih, bisa jadi referensi.

    BalasHapus
  6. Saya baru nyadar sebulan terakhir ini. Karena sudah terbiasa dengan google pas berubah saya tidak suka dengan tampilannya yang aneh. Saya cari di uninstaller tidak ada. Nah saya nemunya di extension, disitu ada sAfe apa gitu, ya saya uninstall. Dan kayanya masih laten nih hijacker, soalnya kadang suka keluar sendiri ...

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Silakan baca post berjudul Cara Membersihkan Delta-Search Toolbar. Semoga membantu. :)

      Hapus

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger