Pixel Audience Facebook

Mungkin awalnya kita semua Ora Mudeng apa sih Facebook Pixel, kok ada kode-kodean begitu..


Karena awalnya saya mendengar kata “Pixel” juga yang saya tau itu tentang ukuran gambar atau foto.


Misalnya, Camera yang 16 Mega Pixel kualitas gambarnya akan lebih bagus dibanding yang 2 Mega Pixel. Pixel nya gede, kualitas gambarnya jernih..

Dan karena kita berbeda persepsi, semakin njelimet dan puyeng memahaminya.

Oleh karena itu kita mesti samakan persepsi dulu bahwa :

Pixel gambar

dengan

Pixel yang ada di Facebook itu...

ber-be-da.. Ok?



Lalu.. Apa sebenernya Pixel Facebook?

Pixel Audience Facebook adalah sebuah kode-kode njelimet bikinan Facebook yang perlu kita copas/tanam ke halaman Website. Jadi kode-kode an itu kalo udah di tanam, facebook bisa merekam Data Pixel pengunjung Website kita.

Ini Dashboard Data Pixel yang sedang Running


Contoh kalo kita Punya Website Toko Online, dengan kita merekam data pengunjung melalui Pixel, otomatis data orang-orang itu lah artinya yang udah “pernah” berkunjung ke Website Toko Online kita.

Terus.. Kalo udah ada datanya diapain?



Yaa..




DIIKLANIN 

Karena memang itulah fungsi Pixel.

Yang belum tau dimana menu nya coba aja langsung kesini :
https://www.facebook.com/ads/manager/pixel/facebook_pixel/



Kemudian klik “Create a Pixel” >> Tentukan Nama Pixel-nya.



Kalau kita baru Belajar Pilih aja yang “Copy and Paste the Code” karena memang kita cuma perlu COPAS doang Code dari Facebook untuk memasangnya..



Kalau udah muncul tampilan seperti ini, tinggal di klik aja Copy Code to Clipboard, terus di paste deh ke Halaman Website kita..



Setelah klik Next, boleh di Close aja artinya Pixel dari Facebook sudah jadi dan siap di pasang ke Halaman Website anda.. Intinya cara kerja nya cuma di Copas doang kok. Jangan diliatin code2 nya nanti bikin pusing,  karena saya juga gak ngerti2 amat artinya ^_^

Apakah cuma Sampai disitu? Tidak!

Ternyata ada beberapa Fungsi lain seperti :

1. Retargeting

Sebelum NGIKLAN, biar gak BONCOS.. Belajar Pixel adalah hal yang WAJIB Hukumnya.. 

Misalkan Iklan kita untuk MENGGIRING (Click to Website) orang2 yang ada di Facebook, biar gak sia-sia kita bisa MENTARGET KEMBALI / Retargeting orang2 yang udah berkunjung ke Halaman Website kita.

Retargeting ini sebenernya bahasa yang kekiniannya, bahasa umum yang biasa para Mastah sebutkan.

Tapi kalu saya lebih suka dengan Istilah CALL BACK!

Kita PANGGIL KEMBALI orang orang yang sudah mengunjungi Website kita. Karena orang yang udah “pernah” ngeliat kita, udah tau siapa kita, you know lah akan lebih gampang kan Closing nya!

Kalau kata Om Denny Santoso dalam sebuah Funneling, itu ada Cold Traffic, Warm Traffic, Hot Traffic..

Bisa saya asumsikan mungkin prosesnya begini :

Cold Traffic >> Orang yang baru Pertama Mengunjungi Website Kita

Warm Traffic >> Kita PANGGIL KEMBALI orang2 yang di Cold Traffic (Dengan data Pixel)

Hot Traffic >> Orang yang udah beli Produk Kita, dan Loyal terhadap kita.

2. Lookalike Audience

Lookalike Audience itu Audiens yang Serupa/Mirip. 

Artinya kalau kita sudah memiliki Data Audience Pixel, Facebook bisa mencarikan orang-orang yang Serupa/Mirip dari segi Interestnya, Aktivitasnya, Demografi nya yang sesuai dengan Audience Pixel yang kita miliki.

Syaratnya minimal kita memiliki 20 Data Pixel Unique Visitor yang sudah mengunjungi Halaman Website kita. Setelah terkumpul Data Pixel minimal 20, baru Facebook bisa membuat Lookalike Audience nya.

Misalkan, orang2 yang mengunjungi Website Kita itu orang yang suka dengan “Resep Masakan” dan di Website itu sudah kita Pasang Pixel.

Artinya dgn Lookalike Audience, Facebook bisa “mencarikan” orang2 yang Interest nya, Aktivitasnya, Demografi (Usia, Gender, dll) nya yang miriip dengan Data Pixel yang kita miliki dan menyukai dengan “Resep Masakan”

Kurang lebih begitulah gambarannya..


3. List Building

Dengan adanya Data Pixel, kita bisa membangun sebuah List yang tentunya list ini adalah List yang sesuai dengan Minat.

Karena kumpulan orang-orang yang ada di Pixel itu adalah orang2 yang HOT yang siap dipanggil kembali/diiklankan kembali.

Untuk membangun sebuah List berdasarkan minat yang berbeda-beda kita tidak bisa ya hanya mengandalkan Ads Manager (Pengaturan Ads Personal), 
anda mesti memiliki Business Manager (Pengaturan Ads Bisnis) >> http://business.facebook.com/

Apa bedanya?

Pixel di Ads Manager hanya memiliki 1 Ad Account, artinya cuma bisa dibuat satu Minat saja.

Di Business Manager, jika kita membuat banyak Ad Account, kita bisa kelola Pixel, dengan minat2 yang berbeda..

=======================
Sebelumnya, saya belum perkenalan, nama Saya Eca biasa dipanggil Kak / Om Eca..

Saya hanyalah seorang Newbie biasa yang mempunyai mimpi, menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak. Perkenalan sengaja diakhir, karena biasanya orang hanya memandang “siapa” dan bukan apa yang kita berikan..

Materi ini hanya sebagai pembuka dari Perkenalan saya, masih ada Materi2 lainnya yang tentunya akan membuka Insight teman-teman tentang FB Ads.

Note : Mungkin ada yang bertanya,

“Om, aku gak punya Website apakah bisa menggunakan Pixel?”

BISA, bahkan BISA BANGET.. Boleh ninggalin jejak dulu dengan komen “mau dong Om Eca” kita akan bahas pada Materi selanjutnya ya...

[Update]
Temen-temen bisa membaca materi series Lanjutannya disini :
PSL Part 1 : http://bit.ly/PSLPART1
PSL Part 2 : http://bit.ly/PSLPART2 
PSL Part 3 : http://bit.ly/PSLPART3

Penulis:
Activist Sosmed

Suka dengan postingan berjudul Pixel Audience Facebook? Nggak ada salahnya untuk berlangganan update postingan terbaru dari Blog Bang Hendra langsung via email sekarang juga. GRATISS!!!

1 Response to "Pixel Audience Facebook"

Mohon komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan SPAM akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih!

Maaf, komentar Anda dimoderasi dahulu sebelum ditampilkan.

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger.
Terima kasih

Chat on Messenger